13 Jun 2013

SEKOLAH DAMBAANKU

Semua orang memiliki sebuah sekolah yang di dambakannya. Seperti apa sekolah yang kalian dambakan? Pasti berbeda dengan sekolah yang aku dambakan. Mau tau seperti apa sekolah yang aku banggakan? Sini-sini baca artikel ini sampai selesai ya....

Sebenernya sekolah dambaan itu apasih? Sekolah dambaan yaitu sekolah yang kita inginkan dan bisa kita banggakan karena aspek-aspek yang ada dalam sekolah tersebut. Sekolah dambaan saya yaitu sekolah yang hubungan antara guru dan murid terjalin baik. Seorang guru yang bisa mengerti keadaan murid-murid, dan juga yang bisa memberi semangat kepada murid.


Sekolah dambaan bukan hanya dilihat dari kualitas guru-guru yang ada. Lingkungan sekolah juga bisa membuat sekolah tersebut menjadi dambaan para siswa dan siswi. Menurutku bahkan lingkungan sekolah sangat penting untuk menjadikan sekolah tersebut menjadi dambaan. Jika lingkungan sekolah sudah tidak enak dipandang ya kemungkinan besar orang sudah risih melihatnya. Fasilitas sekolah juga mempengaruhi juga dan masih banyak aspek lainnya.

Okeh okeh jadi kebetulan saya juga masih sebagai siswa resmi SMPN 147 JAKARTA jadi saya menceritakan tentang sekolah saya, yang kebetulan menjadi sekolah dambaan saya. Yang membuat saya menjadikan sekolah saya menjadi dambaan pertama karena guru yang ramah tamah sama anak muridnya.

Guru SMPN 147 JAKARTA
Kebersamaan guru-guru sangat terjalin. Guru-guru di 147 itu baik semua orangnya, mungkin ada beberapa guru yang terlihat galak. Namun tujuan mereka galak itu baik ko, dan mungkin saja karena mereka sedikit judes. Guru di 147 itu perhatian banget sama muridnya, terutama soal nilai dan kesehatan murid. Kenapa saya bilang guru sangar perhatian dengan kesehatan murid? Karena di 147 setiap ada murid yang sakit dalam jam mata pelajaran pasti selalu diperhatikan dengan sepenuhnya. Contohnya guru tersebut membuatkan Teh hangat, mengusapkan minyak kayu putih dan lainnya.

Jika berbicara tentang lingkungan sekolah saya, ya memang gedungnya belum jadi sepenuhnya. Tapi bagi saya gedung yang masih setengah jadi tersebut tidak begitu buruk. Keadaan yang membuat sekolah saya menjadi terasa sejuk karena adanya pohon asem dan lapangan yang masih tertutup tanah. Lingkungan sekitar sekolah saya juga masih perkampungan, jadi berasa sekolah di desa gitu tapi kualitas sekolah di kota. Fasilitas sekolah juga tidak kalah dengan sekolah lain. Misalkan fasilitas untuk laboratorium sudah cukup terpenuhi. Fasilitas yang lainnya juga sudah cukup. Terutama fasilitas untuk ruangan Osis juga ruang Pramuka. Ruangan yang disediakan khusus untuk ekstrakulikuler Pramuka dan untuk Osis. Proyektor yang tersedia setiap kelas juga mempermudah guru dan murid untuk belajar menggunakan Presentasi.

Ruang komputer dengan jumlah komputer yang cukup untuk jumlah murid dalam satu kelas. Hal tersebut mempermudah murid untuk mempelajari ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Murid tidak perlu membawa laptop atau notebook sendiri-sendiri yang bisa membahayakan keselamatan mereka dan belum tentu semua murid mempunyai.

Tugas-tugas yang diberikan dari guru 147 itu tidak begitu sulit, namun sangat membutuhkan kreatifitas. Misalkan saja tugas PKN yaitu kami di tugaskan membuat Presentasi dan mempraktekan mimbar bebas dengan menggunakan properti dan tema yang menarik. Jika mengerjakan tugas ini tidak berfikir kreatif dan tidak biasa berbicara didepan kelas, bisa saja hasil yang didapat tidak memuaskan. Namun kami dipaksa untuk berfikir kreatif dan hasilnya semua mendapat nilai cukup memuaskan.

Bukan hanya tugas pelajaran PKN saja, namun tugas pelajaran lain seperti itu. Untuk pelajaran IPA kebanyakan tugas yang diberikan tugas untuk harus membaca dan mengulang pelajaran. Tugas tersebut bisa selesai dengan membaca buku dan mencari jawabannya. Ada juga tugas yang harus kita cari dari Internet. Memang itu hal mudah, namun jika kita belum baca artikel tersebut, bisa sajakan artikel tersebut tiba-tiba ngaco? hasilnya nilainya bisa kecil.
Pokoknya tugas-tugas dari guru 147 itu mengasyikan ko :D

Murid-murid 147 itu solid banget loh, ini yang paling membuat saya menjadikan sekolah saya sebagai Sekolah Dambaan. Anak-anaknya itu perhatian antara satu dengan yang lain. Gak mandang dia kaya atau miskin, dia cowo atau cewe. Tapi masih dalam batasan juga ko. Oh iya kita itu kompak semua loh anaknya, mulai dari kelas 7-9. Tapi mungkin kita paling kompak antar kelas, karena paling sering ketemu kali ya...

Kebersamaan kita itu bukan di dalam sekolah doang ko, kami juuga sering melakukan perjalanan bersama. Istilahnya berpetualang sambil belajar. Kami pergi ketempat yang tidak membutuhkan uang banyak, saling melengkapi sama melindungi satu sama lain :D . Contohnya baca artikel saya saja "BERKUNJUNG KE-MONAS JAKARTA BERSAMA TEMAN" . Artikel tersebut menceritakan perjalanan saya dengan teman-teman saya. Ada juga kesuksesan bersama yang kami dapat dengan cara bersama dan kompak satu sama lain nih "USAHA MEMBUAT KEBERHASILAN".

Hubungan antara guru dan orang tua kami juga sangat dekat karena setiap bulan diadakannya pertemuan antara guru dan orang tua kami. Biasanya membicarakan tentang perkembangan murid-murid 147. Perkembangan dalam pelajaran maupun kreatifitas para murid.

SMP 147 tidak hanya mementingkan pelajaran loh.. Sekolah ini juga mengaktifkan berbagai ekstrakulikuler yang dapat dipilih sesuai kemauan para siswa. Walau sekarang ekstrakulikuler tidak begitu aktif karena sekolah kami yang baru saja pindah tempat setelah selesai di renovasi. Namun saya yakin jika semua sudah selesai diperbaiki semua aktifitas akan berjalan kembali. Melanjutkan prestasi-prestasi yang dulu sudah banyak diraih 147.

SMPN 147 JAKARTA ini termasuk smp yang banyak diminati para murid didaerah sekitarnya dalam urutan ke-2. Urutan nilai kelulusan kami juga urutan kedua dalam Jakarta Timur. Ya jadi SMPN 147 JAKARTA itu bagi saya Pantas untuk dijadikan SEKOLAH DAMBAAN.


Alasan saya membuat artikel ini yaitu artikel yang saya buat untuk mengikuti kompetisi Blogger untuk umur SMP dan SMA. Artikel ini juga artikel pertama yang mengangkat tema tentang sekolah saya sendiri. Okeh setelah baca artikel ini semoga kalian yang baru lulus SD jangan bingung lagi deh buat milih SMP, dan doain ya Artikel ini bisa jadi Pemenangnya.

Salam Imut
Laras :D
147 JAYA \m/

5 komentar:

Unknown mengatakan...

moga berhasil yah. salam.

Penalaras mengatakan...

iyaaa terimakasih ya atas kunjungannya dan doanya :D
Salam kembali

Arif Budiharjo mengatakan...

semoga sukses mba' :D

Penalaras mengatakan...

iyaa terimakasih,,, sukses kembali ya :D

re mengatakan...

Postingannya bagus dan untuk standar SMP sekolahnya (y) :) Sukses juga ya