19 Mei 2013

DAUR ULANG

Sampah itu yang udah gak kepake sebenarnya masih berguna loh. Percaya atau ngga, kalo sampah selalu terbuang sia-sia dan menumpuk, 50tahun lagi bumi tuh udah ketutupan sama sampah semua. Mungkin kalo sampah basah dia bisa membusuk dengan sendirinya. Kalo sampah kering? Sampah yang gak bisa busuk.



Daur ulang sampah yang saya maksud itu misalnya kita membeli air mineral yang botolan. Botol tersebut masih bisa dipakai untuk membuat suatu Hasta Karya. Juga bisa di daur ulang kembali menjadi botol. Namun harus dihancurkan dengan mesin terlebih dahulu. Karena sebenarnya botol plastik hanya dapat digunakan sekali pakai.

Jika sampah plastik di diamkan terus menerus menumpuk akan membuat pohon menjadi susah menyerap air dari permukaan tanah. Karena akar terhambat oleh plastik-plastik yang mengendap ke dalam tanah. Sehingga pohon tidak mampu menembus plastik tersebut dan pohon bisa mati kekeringan.

Sudah banyak pabrik untuk mendaur ulang barang bekas. Namun ada satu hal yang mempersulit mereka. Karena orang membuang sampah tidak dipisah dan berarti mereka harus memilih atau memisahkan sampah satu persatu.

Jika semua masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan dan peduli lingkungan. Pasti bumi ini tidak akan adanya Sungai yang tersumbat. Hal tersebut yang sangat sering menyebabkan banjir saat musim hujan tiba.

Mungkin jika anda seorang pramuka, anda akan mengerti membuat Hasta Karya dari bahan-bahan bekas tersebut menjadi satu hiasan yang sangat berguna. Mungkin semua orang bisa bicara tentang pentingnya kebersihan. Namun faktanya? Kesadaran mereka yang kurang, akan kebersihan lingkungan.

Rubahlah sikap anda mulai sekarang ;D lindungi bumi kita....

Tidak ada komentar: