16 Mei 2013

PRAMUKA

Saya rasa semua orang sudah pernah mengikuti kegiatan tersebut. Mungkin banyak yang mengira pramuka itu terlalu kasar, namun bagi saya tidak karena pramuka dikeraskan karena mereka dilatih untuk kuat mental bukan menjadi anak yang manja. Karena sekarang sudah adanya peraturan perundang-undang tentang perlindungan anak, banyak kegiatan pramuka yang bagi saya terlalu dimanja.


Menurut analisa saya, banyak anak sekarang yang kurang minat pramuka karena bagi mereka pramuka hanya panas-panasan dan membuat mereka cape. Tapi semua itu tidak akan terjadi jika mereka mengerti semua itu adalah pelatihan untuk kebaikan mereka juga. Karena jika mereka sudah besar nanti akan ada cobaan mental yang lebih berat dari pada itu.

Menurut saya latihan pramuka tidak akan terlihat menyiksa jika orang tersebut niat untuk mengikuti Pramuka kita akan iklas jika kita dilatih sedemikian rupa untuk mendapat kesuksesan tersebut.

Pramuka dilatih keras bukan untuk membuat mereka susah ataupun cape. Namun mereka dilatih untuk menjadi seorang yang kuat, bukan seorang yang lemah. Bukan hanya orang yang sok jagoan namun ketika di gretag dikit hatinya akan ngomel sendiri.

Pramuka itu all in one. Maksud dari all in one tersebut adalah semua kegiatan menjadi satu. Yaitu ada pbb, ada kegiatan seperti palang merah. Pramuka itu sangat berharga buat masa depan. Kita bisa hidup karena Pramuka.

Pramuka mengajarkan banyak pengalaman. Karena pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga di antara pelajaran lain. Bukan di ajarkan untuk menjadi susah, menjadi ribet, menjadi cape ataupun menjadi lemah dan manja. Kita itu di ajarkan supaya gak mudah cape. Bukan buat anak yang manja!!

Ngerti anak yang manja? Anak yang hanya mengharapkan uang kedua orang tuanya. Mengharapkan di antar dan jemput oleh mobil atau motor kedua orangtuanya. Sampe kapan mau jadi kaya gitu? kalo kita gitu, kita gak akan pernah bisa intropeksi diri sendiri.

Kita hanya bisa menjelekan orang tanpa tahu apa kesalahan kita. Pramuka mengajarkan untuk menyadari kekurangan yang kita punya. Dan mencari apa kelebihan kita dalam segala hal.

Pramuka itu seorang remaja yang kreatif dan aktif dalam lingkungan. Seseorang yang di segani banyak orang. Mampu hidup mandiri.
Salam Pramuka!

Tidak ada komentar: